two men running at park

Cara menurunkan kolesterol hanya dalam empat minggu

Kolesterol adalah zat yang ditemukan dalam darah yang diperlukan tubuh untuk berfungsi. Namun, bila kadarnya terlalu tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, ada kabar baik: Anda dapat menurunkannya hanya dalam empat minggu. Kabar buruknya adalah itu tidak akan mudah. Anda harus membuat beberapa perubahan besar pada pola makan dan kebiasaan olahraga Anda. Tetapi hasilnya akan sepadan: Menurunkan kolesterol Anda dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol hanya dalam empat minggu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah tips untuk membantu Anda memulai:

Makan lebih banyak buah dan sayuran

orange tomatoes and green vegetable in stainless steel bowl

Makanan ini rendah kolesterol dan mengandung nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol Anda terkendali.

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol, menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet Anda adalah awal yang baik. Makanan ini rendah kolesterol dan mengandung nutrisi penting seperti serat, potasium, dan vitamin C. Makanan ini juga cenderung rendah kalori, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Sertakan lemak sehat dalam diet Anda

sliced cucumber and green vegetable salad on white ceramic plate

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Termasuk lemak sehat dalam diet Anda adalah penting untuk menjaga tingkat kolesterol yang sehat. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan, misalnya, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan melindungi dari penyakit jantung. Lemak sehat lainnya yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol termasuk lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan alpukat, dan lemak tak jenuh ganda seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Berolahraga secara teratur

Woman Doing Morning Exercise

Olahraga membantu tubuh membakar kalori dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Jika Anda ingin menurunkan kolesterol, olahraga adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Olahraga membantu tubuh membakar kalori dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Ini juga membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Ada banyak jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda, termasuk berjalan kaki, bersepeda, berlari, berenang, dan angkat besi. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu.

Pertimbangkan untuk minum obat penurun kolesterol, jika Anda tidak dapat menurunkan kadar kolesterol Anda.

Close-up Photo of Medicinal Drugs

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, dokter mungkin menyarankan Anda minum obat untuk menurunkannya. Namun, jika Anda tidak dapat menurunkan kadar kolesterol Anda bahkan setelah mengubah pola makan dan gaya hidup Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat. Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol yang tersedia, dan masing-masing bekerja secara berbeda. Dokter Anda akan membantu Anda memilih obat terbaik untuk Anda berdasarkan situasi pribadi Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca tentang berbagai metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam waktu singkat, jelas bahwa ada banyak pilihan untuk dipilih. Sementara beberapa orang mungkin ragu-ragu untuk mengubah pola makan atau gaya hidup mereka, manfaatnya jelas. Mengurangi kolesterol tidak hanya dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi medis lainnya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.